Desa Tanjung Jaya, Krajan.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Bina Bangsa (UNIBA) dari kelompok 40 yang bertugas di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, menunjukkan kepedulian terhadap pelayanan publik dengan menyerahkan banner Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk mendukung sistem administrasi desa.
Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (21/7/2025) di Kantor Desa Tanjung Jaya, dan diterima langsung oleh Sekretaris Desa, Asep, bersama perangkat desa lainnya.

Banner SOP ini memuat informasi rinci terkait alur pelayanan dan dokumen persyaratan untuk berbagai jenis administrasi kependudukan, seperti SKCK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Kartu Keluarga, dan E-KTP.
“Pemasangan banner SOP ini merupakan salah satu bentuk inisiatif kami agar pelayanan di kantor desa menjadi lebih terstruktur dan mudah dipahami masyarakat. Harapannya, warga bisa mengetahui jenis layanan dan dokumen yang perlu disiapkan sebelum datang ke kantor desa,” jelas Listia Ulya, salah satu anggota KKM 40 UNIBA.
Baca Juga: KKN UNS Edukasi Remaja Desa Tlahab Konsumsi Kopi yang Sehat dan Bertanggung Jawab
Setelah proses serah terima, banner dipasang di area strategis ruang pelayanan agar dapat dengan mudah diakses dan dibaca oleh masyarakat. Informasi yang ditampilkan dalam banner disusun secara sistematis dan mudah dipahami, guna mempercepat proses pengurusan administrasi serta mengurangi potensi kesalahan atau kelalaian dalam melengkapi berkas.
Tak hanya mempermudah masyarakat, kehadiran banner SOP ini juga menjadi langkah penting dalam mendukung tata kelola pemerintahan desa yang lebih partisipatif, transparan, dan responsif terhadap kebutuhan warganya.
Sekretaris Desa Tanjung Jaya, Asep, menyampaikan apresiasinya kepada mahasiswa UNIBA.
“Kami sangat bersyukur atas bantuan ini. Sebelumnya belum ada media informasi seperti ini di kantor desa. Banner ini sangat membantu warga untuk mengetahui persyaratan dari masing-masing layanan, sehingga kami tinggal mengarahkan mereka untuk melihat langsung informasinya di sana,” tuturnya dalam wawancara singkat bersama tim KKM 40.
Inisiatif ini menunjukkan peran aktif mahasiswa KKM tidak hanya dalam pembangunan fisik, tetapi juga dalam penguatan sistem pelayanan publik di tingkat desa. Dengan adanya banner SOP ini, Desa Tanjung Jaya diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam meningkatkan mutu pelayanan administrasi melalui keterbukaan informasi.

Langkah kecil ini menjadi bukti nyata bahwa sinergi antara mahasiswa dan pemerintah desa dapat menghasilkan dampak besar dalam menciptakan pelayanan publik yang lebih baik, efisien, dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.
Simak berita terbaru kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Krajan.id WhatsApp Channel: https://whatsapp.com/channel/0029VaAD5sdDOQIbeQkBct03 Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.





