UMKM Desa Trenceng Naik Kelas, Tim KKN 269 UNS Berdayakan Bisnis Melalui Digital Marketing dan Fotografi Produk

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tulungagung saat memaparkan materi dalam kegiatan Sosialisasi Digital Marketing dan Pelatihan Foto Produk bagi UMKM Desa Trenceng, pada Selasa (30/7/2024). (doc. KKN 269 UNS)
Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tulungagung saat memaparkan materi dalam kegiatan Sosialisasi Digital Marketing dan Pelatihan Foto Produk bagi UMKM Desa Trenceng, pada Selasa (30/7/2024). (doc. KKN 269 UNS)

Krajan.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Research Group Kelompok 269 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan kegiatan Sosialisasi Digital Marketing dan Pelatihan Foto Produk bagi UMKM Desa Trenceng, pada Selasa (30/7/2024).

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tulungagung dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran para pelaku UMKM terkait pentingnya melakukan pemasaran produk melalui platform digital.

Bacaan Lainnya

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini diadakan di Balai Desa Trenceng, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Melalui sosialisasi ini, diharapkan UMKM dapat mengetahui cara memanfaatkan berbagai platform digital, seperti media sosial, e-commerce, dan website, untuk mencapai target pasar yang lebih luas dan spesifik. Hal ini dapat membantu mereka meningkatkan brand awareness dan memperluas jangkauan bisnis mereka.

Sementara itu, pelatihan foto produk mencakup berbagai materi, mulai dari pentingnya melakukan foto produk, dasar fotografi produk, peralatan yang dibutuhkan untuk fotografi, praktik foto produk, serta bagaimana cara mengedit foto. Pelatihan ini membantu UMKM untuk menjangkau pasar baru yang sebelumnya mungkin sulit dijangkau melalui metode pemasaran konvensional.

Sesi pelatihan foto produk UMKM. (doc. KKN 269 UNS)
Sesi pelatihan foto produk UMKM. (doc. KKN 269 UNS)

Dengan foto produk yang berkualitas dan strategi pemasaran digital yang tepat, mereka dapat menarik pelanggan dari berbagai lokasi geografis. Foto produk yang profesional dapat meningkatkan persepsi konsumen terhadap kualitas produk, sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

Selain sosialisasi dan pelatihan, program kerja KKN ini juga bekerjasama dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Tulungagung dalam rangka pembuatan Nomor Izin Berusaha (NIB) bagi para pelaku UMKM yang ingin mendaftarkan produknya secara resmi dan memfasilitasi pemilik usaha untuk menyimpan data perizinan dalam satu identitas.

Baca Juga: Mahasiswa KKN 347 UNS Dorong Transformasi Digital dan Pemberdayaan UMKM Binaan MES Surakarta

“Dengan adanya kegiatan Sosialisasi Digital Marketing dan Pelatihan Foto Produk, kami harap dapat membantu para pelaku UMKM Desa Trenceng lebih beradaptasi dalam era yang serba digital, memaksimalkan potensi bisnis mereka, serta terus tumbuh dan berkembang  secara berkelanjutan,” ujar Dewi Fortuna Arini selaku anggota KKN Kelompok 269 UNS Surakarta.

Simak berita terbaru kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Krajan.id WhatsApp Channel: https://whatsapp.com/channel/0029VaAD5sdDOQIbeQkBct03 Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *