Digitalisasi Produk Lokal: Peran Mahasiswa KKN UNDIP dalam Pelatihan E-Katalog untuk UMKM Bakery Desa Sendangmulyo

Sesi pemaparan materi terkait e-katalog dan pelatihan pembuatan e-katalog oleh Marshanda Dara. (doc. Pribadi)
Sesi pemaparan materi terkait e-katalog dan pelatihan pembuatan e-katalog oleh Marshanda Dara. (doc. Pribadi)

Krajan.id – Di tengah perkembangan teknologi dan digitalisasi yang pesat, e-katalog telah muncul sebagai solusi inovatif bagi pelaku usaha untuk mempromosikan produk mereka secara efektif dan efisien. E-katalog bukan hanya tentang menampilkan produk, tetapi juga tentang menciptakan pengalaman visual yang menarik bagi pelanggan.

E-katalog adalah katalog digital yang berisi informasi produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu UMKM. Katalog ini bisa diakses secara online melalui berbagai perangkat seperti komputer, tablet, atau smartphone. E-katalog biasanya digunakan oleh bisnis untuk menampilkan produk mereka secara lebih interaktif dan mudah diakses oleh pelanggan, tanpa perlu mencetak katalog fisik.

Bacaan Lainnya

Marshanda Dara, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (UNDIP) telah melakukan program kerja yang berjudul Peningkatan branding produk melalui edukasi serta pelatihan pembuatan e-katalog produk pada UMKM Bakery di Desa Sendangmulyo. Kegiatan ini dilaksanakan di 3 UMKM Bakery Desa Sendangmulyo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri yaitu Ahza Cake & Cookies, Yasmin Bakery, dan Nimas Bakery, (30/7/2024).

UMKM Bakery di Desa Sendangmulyo merupakan salah satu sektor usaha kecil yang berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Pada kegiatan ini UMKM Bakery diberikan pengetahuan dasar mengenai pentingnya E-katalog dalam bisnis modern, serta dilatih secara langsung dalam pembuatan e-katalog yang menarik dan informatif.

E-katalog ini diharapkan dapat menjadi media promosi yang efektif, memudahkan konsumen untuk melihat dan memesan produk bakery secara online.

Sesi dokumentasi mahasiswa KKN Undip dengan pemilik UMKM Bakery di Desa Sendangmulyo. (doc. Pribadi)
Sesi dokumentasi mahasiswa KKN Undip dengan pemilik UMKM Bakery di Desa Sendangmulyo. (doc. Pribadi)

Selama pelatihan, pelaku usaha dilatih cara-cara dasar mengambil foto produk yang baik, menyusun tata letak e-katalog, hingga teknik menulis deskripsi produk yang dapat menarik perhatian konsumen. Dengan adanya bimbingan tersebut, para pelaku UMKM Bakery di Desa Sendangmulyo dapat lebih berdaya saing.

Program pelatihan ini mendapat sambutan positif dari UMKM Bakery di Desa Sendangmulyo dan menjadi bagian dari upaya lebih luas untuk mendorong transformasi digital di kalangan UMKM Desa Sendangmulyo.

“Pelatihan e-katalog ini sangat membantu kami untuk memperluas jangkauan pasar. Sekarang, pelanggan bisa dengan mudah melihat dan memesan produk kami secara online, tanpa harus datang langsung ke toko. Ini sangat memudahkan dan meningkatkan penjualan kami,” ujar Ibu Nimas, pemilik UMKM Bakery di Desa Sendangmulyo.

Baca Juga: Kemasan Kreatif, Label Informatif: Mahasiswa KKN UNDIP Tingkatkan Daya Saing Produk Lokal Lewat Inovasi Packaging dan Labeling di Desa Sendangmulyo

Dengan selesainya program ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat terus mengembangkan keterampilan yang telah mereka pelajari dan mengaplikasikannya dalam aktivitas bisnis sehari-hari. Keberhasilan program ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain dalam mengadopsi inovasi digital untuk memperkuat sektor UMKM lokal.

Simak berita terbaru kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Krajan.id WhatsApp Channel: https://whatsapp.com/channel/0029VaAD5sdDOQIbeQkBct03 Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Dosen Pembimbing Lapangan : Erwin Adriono, S.T., M.T.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *