Krajan.id – Dukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) KKN Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Universitas Mataram (Unram) Desa Suranadi selenggarakan sosialisasi digital marketing. Hal tersebut, bertujuan untuk mewujudkan UMKM yang kreatif dan inovatif di tengah kemajuan teknologi.
Bertempat di Aula Kantor Desa Suranadi, Kamis (4/1/2024). Kegiatan tersebut menghadirkan Erwin Irawan selaku Chief Executive Officer (CEO) CV. Tri Utami, perangkat Desa Suranadi dan pelaku UMKM Desa Suranadi.
Dalam sambutannya, I Nyoman Arnawa selaku Sekretaris Desa Suranadi mengungkapkan dukungannya kepada KKN PMD Unram karena telah peduli terhadap pelaku UMKM dengan memberi wawasan masyarakat tentang digital marketing.
“Kami sangat mendukung kegiatan positif ini, digitalisasi memang sangat penting bagi perkembangan UMKM. Selain itu, digitalisasi nantinya juga akan berdampak ke sektor wisata yang dimana Desa Suranadi juga dikenal dengan kawasan wisata,” tuturnya.
I Nyoman Arnawa juga berharap nantinya akan ada tindak lanjut dari kegiatan ini agar masyarakat lebih paham dan bisa menerapkannya, “Harapannya sosialisasi ini tidak hanya sekedar sosialisasi saja akan tetapi ada pendampingan yang berkelanjutan bagi UMKM kami, agar dapat benar-benar mewujudkan digitalisasi marketing ini,” imbuhnya.
Menurut Erwin Irawan sebelum membahas digital marketing hal mendasar yang harus dipahami pelaku UMKM yaitu terkait pengolahan produk yang harus terstruktur.
“Agar usahanya nanti berkelanjutan dan berkembang maka harus terstruktur dan diperhitungkan secara matang. Contohnya seperti dapat bahannya dari mana, harus jelas supply dan kualitasnya,” jelasnya.
Tidak berhenti di situ, setelah pengolahan produk terstruktur, CEO CV. Tri Utami itu menjelaskan terkait pentingnya mendapatkan izin dari produk dan membuat desain kemasan yang menarik.
“Sebagai pelaku usaha yang baik, maka harus mengajukan izin PIRT atau lebih dikenal dengan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) dan izin usaha. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah membuat desain kemasan yang menarik terutama apabila produk tersebut dipasarkan secara online haruslah menarik agar konsumen tertarik melalui visual,” paparnya.
Kemajuan teknologi saat ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku UMKM, salah satunya dengan menerapkan digital marketing.
“Penerapan digital marketing sangat banyak manfaatnya, seperti menekan biaya promosi, menjangkau target pasar yang lebih luas hingga meningkatkan penjualan. Lalu, untuk menerapkannya kita bisa memanfaatkan semua media sosial hingga market place,” jelasnya.
Zaenul Hadi Ramdhani selaku Ketua KKN PMD Unram mengungkapkan tujuan dari sosialisasi ini untuk memperkenalkan kepada UMKM Desa Suranadi tentang digital marketing. Sehingga UMKM desa Suranadi dapat lebih kreatif dalam memasarkan produk hasil olahannya.
“Kami melihat potensi UMKM di sini, akan tetapi dalam hal pemasaran masih perlu ditingkatkan dan diperluas lagi. Oleh karena itu, kami selenggarakan sosialisasi digital marketing untuk dukung UMKM di desa ini,” tuturnya.
Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini tidak berhenti disini, melainkan nantinya akan ada pendampingan secara langsung kepada UMKM.
“Setelah kegiatan ini nantinya kami akan mendampingi secara langsung para UMKM untuk penerapan digital marketing dan penjualan onlinenya. Dengan demikian diharapkan UMKM Desa nantinya dapat memasarkan produk lebih luas bahkan ke internasional,” ujarnya.
Di sisi lain, Masmirah selaku salah satu pelaku UMKM mengungkapkan rasa terima kasih kepada KKN PMD Unram karena telah peduli dan mendukung UMKM Desa Suranadi dengan mengenalkan digital marketing.
“Kami sangat berterima kasih atas diselenggarakannya kegiatan ini, mudah-mudahan kami bisa menerapkan apa yang sudah pemateri sampaikan sehingga pelaku UMKM dapat meningkatkan pemasaran produknya nanti,” ujar pelaku usaha dodol tersebut.