Peluang Besar untuk Petani: Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Cara Meningkatkan Pendapatan Petani melalui Pemanfaatan E-Bisnis

Sesi foto bersama mahasiswa KKN UNDIP dengan salah satu pengelola aktif green house di Dusun Pangkatan. (doc. Pribadi)
Sesi foto bersama mahasiswa KKN UNDIP dengan salah satu pengelola aktif green house di Dusun Pangkatan. (doc. Pribadi)

Krajan.id – Pertanian menjadi sektor utama di Desa Kragilan, Kabupaten Magelang, terutama di Dusun Pangkatan yang berada di dataran tinggi. Kondisi ini mendukung pertumbuhan sayur dan buah yang berkualitas. Di samping lahan pertanian, ibu-ibu PKK Dusun Pangkatan juga memanfaatkan sebuah green house untuk menanam tanaman seperti pagoda, selada merah, letus, romaine, dan tomat ceri, yang jarang ditemukan di lahan terbuka.

Namun, hasil panen petani setempat umumnya hanya dijual kepada pengepul dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan harga pasar di supermarket. Keterbatasan dalam memanfaatkan teknologi untuk proses jual beli menjadi salah satu penyebab utama rendahnya pendapatan petani.

Bacaan Lainnya

Melihat kondisi ini, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP) mengambil inisiatif untuk menggelar sosialisasi bertajuk “Optimalisasi Branding dan E-Bisnis untuk Produk Hasil Pertanian pada Green House” di Dusun Pangkatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengelola green house mengenai pentingnya brand dalam sebuah usaha serta mengenalkan peluang e-bisnis.

“Kami berharap, melalui sosialisasi ini, produk-produk pertanian dari green house dapat dikenal lebih luas oleh konsumen, sehingga pendapatan petani dapat meningkat,” ujar Rifendha Lulu Qolbie Kinanti, salah satu anggota KKN TIM II UNDIP.

Acara sosialisasi yang diadakan, (9/8/2024) di rumah Ibu RW 05 ini diikuti dengan antusias oleh pengelola green house. Mahasiswa memberikan materi tentang branding, cara meningkatkan kesadaran brand (brand awareness), serta berbagai bentuk dan cara memanfaatkan e-bisnis dalam proses jual beli. Setelah penyampaian materi, diskusi interaktif berlangsung antara mahasiswa dan pengelola green house.

Baca Juga: Kesulitan Mencari Pakan Ternak, Mahasiswa KKN UMBY Sosialisasikan Pembuatan Pakan Ternak Silase di Semanu Gunung Kidul

Sebagai langkah konkret, mahasiswa juga menawarkan beberapa opsi logo untuk green house yang kemudian dipilih melalui voting. Logo terpilih akan menjadi identitas visual green house dan dicetak untuk dipasang di pintu masuk sebagai pengenal utama. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi dokumentasi bersama para peserta.

Simak berita terbaru kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Krajan.id WhatsApp Channel: https://whatsapp.com/channel/0029VaAD5sdDOQIbeQkBct03 Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

DPL : Bogi Budi Jayanto S.Pi., M.Si

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *