Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Tingkatkan Daya Saing UMKM Melalui Pemanfaatan Instagram Bisnis

Mahasiswa KKN UNDIP saat memberikan pelatihan dan pendampingan kepada salah satu pelaku UMKM yaitu Keripik Singkong “Mbak Dah” dalam memanfaatkan aplikasi Instagram. (doc. Pribadi)
Mahasiswa KKN UNDIP saat memberikan pelatihan dan pendampingan kepada salah satu pelaku UMKM yaitu Keripik Singkong “Mbak Dah” dalam memanfaatkan aplikasi Instagram. (doc. Pribadi)

Krajan.id – Mahasiswa dari Universitas Diponegoro (UNDIP) yang bernama M. Rizki Febri Aldiansyah dari program studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari UNDIP tengah menjalankan program kerja yang berfokus pada peningkatan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui pemanfaatan Instagram Bisnis.

Bacaan Lainnya

Program kerja ini berlangsung di Desa Sawangan, Kec. Gringsing, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pelaku usaha di wilayah tersebut.

Program kerja ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada salah satu pelaku UMKM yaitu Keripik Singkong “Mbak Dah” dalam memanfaatkan aplikasi Instagram sebagai media digital marketing. Dengan semakin meningkatnya penggunaan media sosial sebagai sarana promosi, pemahaman tentang strategi pemasaran yang efektif di Instagram menjadi kebutuhan yang cukup baik bagi para pelaku UMKM.

“Banyak UMKM di Desa Sawangan yang memililiki produk berkualitas, tetapi belum memanfaatkan media sosial khususnya Instagram Bisnis secara optimal. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat membantu para pelaku bisnis di Desa Sawangan khususnya di Keripik Singkong “Mbak Dah” dalam upaya meningkatkan visibilitas produk dan menjangkau pasar yang lebih luas,” ujar Aldiansyah, Anggota tim KKN UNDIP Desa Sawangan, (16/8/2024).

Mahasiswa KKN UNDIP saat memberikan pelatihan dan pendampingan kepada salah satu pelaku UMKM yaitu Keripik Singkong “Mbak Dah” dalam memanfaatkan aplikasi Instagram. (doc. Pribadi)
Mahasiswa KKN UNDIP saat memberikan pelatihan dan pendampingan kepada salah satu pelaku UMKM yaitu Keripik Singkong “Mbak Dah” dalam memanfaatkan aplikasi Instagram. (doc. Pribadi)

Selama program berlangsung, mahasiswa memberikan pelatihan berupa penggunaan aplikasi Instagram dan pembuatan akun Instagram Bisnis, pengelolaan konten yang menarik, serta strategi untuk penjadwalan posting. Selain itu, mahasiswa juga memberikan arahan terkait bagaimana caranya dalam membangun interaksi yang positif dengan pelanggan melalui platform Instagram Bisnis.

Baca Juga: Transformasi Digital UMKM Catering di Desa Banyakprodo, Mahasiswa UNDIP Gunakan Whatsapp Business Sebagai Alat Pemberdayaan Ekonomi

Mbak dah si pemilik UMKM Keripik Singkong ini cukup antusias terhadap program ini. “Saya sebelumnya tidak terlalu mengerti dalam menggunakan Instagram untuk berjualan. Dengan adanya pelatihan ini, saya jadi lebih mengerti bagaimana membuat konten yang menarik dan bagaimana cara menjangkaulebihbanyak pelanggan,” katanya.

Baca Juga: Mahasiswa KKN UNDIP Integrasikan Data Kemiskinan Brangkal ke Sistem Digital Provinsi

Dengan adanya program kerja ini, diharapkan UMKM Keripik Singkong “Mbak Dah” dapat lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi digital, meningkatkan penjualan, dan memperluas jangkauan pasarnya. Program ini juga merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata dari mahasiswa dalam mendukung pembangunan ekonomi lokal di Desa Sawangan.

Simak berita terbaru kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Krajan.id WhatsApp Channel: https://whatsapp.com/channel/0029VaAD5sdDOQIbeQkBct03 Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *