Tim KKN UMK Dorong UMKM Keripik Arsya Tingkatkan Pemasaran Melalui Media Sosial

Observasi mahasiswa KKN UMK ke UMKM Keripik Arsya. (doc. KKN 39 UMK Desa Semerak)
Observasi mahasiswa KKN UMK ke UMKM Keripik Arsya. (doc. KKN 39 UMK Desa Semerak)

Desa Semerak, Krajan.id – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muria Kudus (UMK) mengunjungi UMKM Keripik Arsya di Desa Semerak, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati pada (30/8/2024). Kunjungan ini bertujuan untuk membantu memperluas jangkauan pemasaran usaha lokal tersebut melalui optimalisasi penggunaan media sosial.

Selama ini, Keripik Arsya hanya menggunakan Facebook sebagai media pemasaran, namun tim KKN UMK mengusulkan pemanfaatan platform lain seperti Instagram dan email untuk memperluas pasar.

Bacaan Lainnya

Dalam sosialisasi tersebut, tim KKN memberikan bimbingan kepada pemilik usaha tentang pentingnya membangun akun Instagram dan email untuk branding yang lebih kuat serta interaksi yang lebih baik dengan konsumen. Selain itu, email juga dinilai bisa meningkatkan profesionalitas usaha dan memudahkan komunikasi bisnis.

“Selama ini, Keripik Arsya hanya menggunakan Facebook untuk pemasaran. Namun dengan memperluas kehadiran di platform lain seperti Instagram, produk ini bisa lebih mudah dijangkau oleh konsumen dari berbagai kalangan. Selain itu, email bisa menjadi sarana yang efektif untuk menjalin komunikasi bisnis dan meningkatkan profesionalitas,” ujar Dina, salah satu penanggung jawab dari program kerja tersebut.

Baca Juga: Inovasi Lingkungan Berkelanjutan: KKN 31 UMK Gelar Pelatihan Ecoprint di Desa Gembong

Respon positif datang dari Vera, pemilik Keripik Arsya, yang merasa terbantu dengan inisiatif ini. “Saya sangat terbantu dengan pembuatan akun Instagram dan email. Dengan ini, saya dapat mempromosikan Keripik Arsya melalui akun kuliner yang ada di Kota Pati,” ujar Vera.

Penyerahan akun Instagram dan E-mail kepada owner Keripik Arsya guna pengembangan promosi UMKM Keripik Arsyaì. (doc. KKN 39 UMK Desa Semerak)
Penyerahan akun Instagram dan E-mail kepada owner Keripik Arsya guna pengembangan promosi UMKM Keripik Arsyaì. (doc. KKN 39 UMK Desa Semerak)

Ia berharap dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial, produknya akan lebih dikenal di pasar yang lebih luas.

Baca Juga: Mahasiswa KKN Gelar Sosialisasi “Cegah Stunting, Wujudkan Generasi Sehat” di Desa Winong

Langkah ini merupakan bagian dari upaya tim KKN UMK untuk membantu UMKM lokal dalam memperkuat branding dan meningkatkan daya saing di era digital.

Dengan pengelolaan media sosial yang tepat, Keripik Arsya diharapkan bisa menarik perhatian konsumen tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga di ranah digital yang lebih luas.

Simak berita terbaru kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Krajan.id WhatsApp Channel: https://whatsapp.com/channel/0029VaAD5sdDOQIbeQkBct03 Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *