Mahasiswa KKN Unram Tingkatkan Strategi Digital Marketing UMKM Desa Sesaot

Foto bersama mahasiswa KKN PMD Unram dengan Erwin Irawan selaku CEO PT. Erwin Utama Jaya yyang dihadiri oleh 15 peserta yang terdiri dari perwakilan UMKM, Kepala Dusun, serta staff perangkat desa di Aula Kantor Desa Sesaot (16/1/2024).
Foto bersama mahasiswa KKN PMD Unram dengan Erwin Irawan selaku CEO PT. Erwin Utama Jaya yyang dihadiri oleh 15 peserta yang terdiri dari perwakilan UMKM, Kepala Dusun, serta staff perangkat desa di Aula Kantor Desa Sesaot (16/1/2024). (doc. pribadi)

Krajan.id – Tingkatkan strategi Digital Marketing UMKM di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat mahasiswa KKN PMD Unram selenggarakan Sosialisasi Digital Marketing (16/1/2024).

Acara yang digelar di Aula Kantor Desa Sesaot tersebut menghadirkan Erwin Irawan selaku CEO PT. Erwin Utama Jaya dan dihadiri oleh 15 peserta yang terdiri dari perwakilan UMKM, Kepala Dusun, serta staff perangkat desa.

Bacaan Lainnya

Erwin Irawan dalam kesempatan tersebut mengenalkan Digital Marketing. Erwin mengatakan bahwa Digital Marketing erupakan metode yang digunakan untuk memperluas pemasaran melalui media online.

“Digital Marketing ini sangat penting untuk memperluas dan meningkatkan target pasar bagi UMKM-UMKM bapak dan ibu nantinya,” ucapnya”

Transformasi digital saat ini bisa dimanfaatkan UMKM, Erwin mengambil contoh masyarakat banyak yang menggunakan media sosial. Berdasarkan hasil risetnya, 50% masyarakat menggunakan media sosial untuk mencari hal yang akan dilakukan atau mencari produk yang akan dibeli.

“Kabar baiknya 36% pengguna media sosial mencari produk yang akan dibeli, artinya cukup besar peluang jika bisa memanfaatkan media sosial ini,” tuturnya.

Tidak hanya itu, ia menambahkan terkait penggunaan internet pada masyarakat, dimana 80% internet digunakan untuk mencari informasi. 50% internet digunakan untuk riset suatu brand.

CEO PT. Erwin Utama Jaya itu menyampaikan platform yang bisa digunakan untuk digital bisnis, seperti instagram, facebook, whatsapp, dan website. Selain itu, bisa juga memanfaatkan market place, seperti shopee, tokopedia, bukalapak, dan blibli.

Setelah mengenalkan platform yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis, ia juga menyampaikan terkait pentingnya konten produk. Pemateri menyarankan mengunggah konten produk yang menarik melalui media sosial sehingga lebih dikenal oleh masyarakat.

“Konten produk yang menarik saja belum cukup, ada hal sepele namun juga penting untuk diperhatihan dan dilakukan secara konsisten yaitu terkait waktu unggah produk. Sepela tapi, itu sangat penting karena akan mempengaruhi views dan likes dari postingan tersebut nantinya,” ujarnya.

Ulfa Khairani Pratiwi salah satu anggota KKN PMD Unram Desa Sesaot menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan karena melihat permasalahan yang terdapat pada setiap UMKM di Desa Sesaot dimana pemasaran yang kurang optimal. Permasalahan tersebut menjadi kendala kurang berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas.

“Oleh karena itu, diharapkan para peserta yang hadir mampu mengimplementasikan pelajaran-pelajaran yang didapatkan melalui kegiatan ini,” jelas Ulfa.

Ia juga menambahkan, tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan edukasi dalam meningkatkan strategi Digital Marketing yang bisa diterapkan oleh pelaku UMKM yang ada di Desa Sesaot.

Peserta dalam kegiatan ini sangat aktif berinteraksi seperti tanya jawab mengenai kendala ketika produksi, kendala kemasan, serta kendala pemasaran.

“Pemateri pun turut antusias melihat peserta yang aktif sehingga kegiatan berlangsung secara dua arah dan pemateri juga memberikan saran yang sangat luar biasa dengan memberikan masukan-masukan yang dapat diterima oleh masyarakat,” ujar mahasiswa jurusan Teknologi Pangan tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *