Surabaya, Krajan.id – Teknologi digital terus berkembang pesat dan telah merambah berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Salah satu inovasi terbaru di bidang pendidikan adalah aplikasi berbasis augmented reality (AR) yang dikembangkan oleh mahasiswa Kelompok 4 Projek Kepemimpinan PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023 Program Studi Matematika, Universitas Negeri Surabaya (Unesa).
Aplikasi yang dinamakan Ruang-Ruang Petualangan (RRP) ini diluncurkan pada hari Jumat (26/7/2024), di SMPN 1 Surabaya dengan tujuan meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika.
Acara peluncuran aplikasi ini dihadiri oleh Kepala Sekolah, guru, dan siswa SMPN 1 Surabaya. Dalam sambutannya, Ibu Eko Widayani, M.Pd. Kepala Sekolah SMPN 1 Surabaya menjelaskan bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat menarik motivasi siswa dalam belajar, khususnya pada pelajaran matematika.
“Dengan adanya aplikasi ini, saya berharap dapat memberikan motivasi dalam belajar siswa khususnya pelajaran matematika, namun juga diharapkan pelajaran-pelajaran lainnya dapat mengintegrasikan teknologi juga, bukan hanya pada pembelajaran matematika”
“Aplikasi ini sangat menarik dan diharapkan mampu memotivasi siswa dalam belajar, terutama pada mata pelajaran matematika. Saya juga berharap teknologi serupa dapat diintegrasikan dalam pembelajaran mata pelajaran lainnya,” ungkapnya.
Aplikasi Ruang-Ruang Petualangan menawarkan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan dengan menggabungkan konsep matematika dan visualisasi destinasi kota Surabaya melalui augmented reality. Fitur-fitur yang disediakan dalam aplikasi ini mencakup visualisasi kota Surabaya, informasi umum mengenai tiap destinasi, serta materi konsep dan penugasan kontekstual yang mendukung pemahaman matematika.
Baca Juga: Menyelaraskan Kebebasan Belajar dengan Realitas Lapangan Melalui Kurikulum Merdeka
Sesi demonstrasi aplikasi mendapat respons positif dari para siswa. Jovita, salah satu siswa SMPN 1 Surabaya, mengungkapkan, “Belajar matematika jadi lebih seru karena desain materi yang keren, menarik, dan tidak monoton. Kami juga bisa memindai peta destinasi kota Surabaya dan ini membuat belajar jadi lebih semangat.”
Mahasiswa Kelompok 4 Projek Kepemimpinan PPG Unesa juga menyampaikan harapan mereka melalui salah satu anggotanya, “Kami berharap aplikasi ini bisa menjadi jembatan bagi siswa untuk lebih memahami matematika dalam konteks dunia nyata. Dengan pendekatan yang interaktif dan menyenangkan, kami ingin menunjukkan bahwa matematika tidak hanya soal hitungan, tapi juga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.”
Dengan peluncuran aplikasi ini, diharapkan pembelajaran matematika di SMPN 1 Surabaya akan menjadi lebih kontekstual, interaktif, dan bermakna. Inovasi ini juga menunjukkan bagaimana kolaborasi mahasiswa dapat menghasilkan solusi pendidikan yang kreatif dan bermanfaat bagi semua pihak.
Simak berita terbaru kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Krajan.id WhatsApp Channel: https://whatsapp.com/channel/0029VaAD5sdDOQIbeQkBct03 Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.