Mall Pelayanan Publik: Jembatan Koneksi Antara Pemerintah dan Masyarakat di Rejang Lebong

doc. Pribadi
doc. Pribadi

Rejang Lebong, Krajan.id – Guna meningkatkan kualitas pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu telah meluncurkan Mall Pelayanan Publik (MPP) kepada masyarakat seperti  menyediakan perizinan usaha, dokumen kependudukan, dan layanan kesehatan.

Menpan RB menegaskan pentingnya pelayanan publik sebagai inti dari pemerintahan, “Karena pelayanan publik merupakan inti dari pemerintahan ini dan menjadi puncak dari kesibukan birokrasi adalah pelayanan publik,” ujarnya. 

Bacaan Lainnya

Dengan adanya MPP di Rejang Lebong, masyarakat kini dapat mengakses berbagai layanan dalam satu lokasi, sehingga mengurangi waktu dan tenaga yang sebelumnya dihabiskan untuk berpindah dari satu dinas ke dinas lainnya.

MPP tidak hanya meringankan beban masyarakat dalam mengakses layanan pemerintah saja, namun juga  mempercepat proses birokrasi dan membantu membangun jembatan konektivitas yang lebih kuat antara pemerintah dan masyarakat.

Dimana disinilah pemerintah dapat beradaptasi terhadap perubahan zaman dan kebutuhan masyarakatnya. Sekretaris daerah juga menjelaskan bahwa MPP adalah model intervensi pemerintah dalam menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan publik yang modern dan efisien.

“Penyelenggaraan MPP dilakukan dengan menyatukan seluruh jenis pelayanan yang ada di pemerintah daerah ke dalam satu tempat dan terintegrasi dalam sebuah sistem,” ucapnya.

Selain itu bupati Rejang Lebong, Drs. H. Syamsul Effendi, MM juga  berharap mall pelayananan publik  dapat beroperasi secara maksimal. 

“Saya harap kepada instansi yang memberikan pelayanan di Mal Pelayanan Publik ini tetap beroperasi secara maksimal” dalam memberi pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Jembatan konektivitas ini dapat kita lihat dari peningkatan minat masyarakat untuk memanfaatkan layanan yang tersedia. Menurut data kuartal pertama 2024, jumlah pengunjung MPP terus meningkat.

Setiap bulan, rata-rata ada 500–700 pengunjung yang memanfaatkan fasilitas di MPP Rejang Lebong dengan layanan pengelolaan kependudukan dan perizinan  yang paling sering digunakan. Angka ini juga mencerminkan antusiasme masyarakat terhadap pelayanan petugas atau pemerintahan yang ada di MPP Rejang Lebong.

Hal ini menunjukkan bahwa adanya  komitmen pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Petugas atau pemerintahan di MPP Rejang Lebong melayani masyarakat sekarang menggunakan sistem yang lebih modern dan terhubung dengan teknologi,  seperti layanan perizinan yang telah didigitalisasi, sehingga hal ini masyarakat dapat memantau proses pengurusan secara online.

Selain itu bukan hanya mempercepat pelayanan saja, tetapi juga menekan potensi praktik korupsi dengan mengurangi interaksi langsung antara masyarakat dan petugas.

Baca Juga: Mahasiswa UNRI Tingkatkan Kesadaran Hukum dan Partisipasi Politik di Desa Lubuk Gaung

Pemerintah di Mal Pelayanan Publik (MPP) Rejang Lebong memang telah mengambil langkah maju dengan memperkenalkan sistem digital untuk  perizinan dan layanan pemerintah lainnya. Namun penerapan pelayanan ini masih menghadapi sejumlah masalah. Dimana penerapan sistem digital ini belum merata dan masyarakat belum memiliki kesiapan  dalam beradaptasi dengan teknologi

Pemerintah MPP Rejang Lebong perlu  menghadapi masalah ini dengan menggelar sosialisasi kepada seluruh masyarakat agar nantinya tidak ada yang tertinggal dalam menikmati kemudahan dan menggunakan  fasilitas yang ditawarkan oleh  MPP Rejang Lebong ini.

Dengan adanya upaya sosialisasi dan pelatihan yang tepat, pemerintahan mall pelayanan publik Rejang Lebong mengharapkan agar seluruh masyarakat Rejang Lebong dapat memanfaatkan fasilitas mall tersebut agar mendapatkan  dalam mengakses layanan.

Baca Juga: Tim Efbiyakreoptis PKM UNS Membuat Riset Mengenai Pembuatan Edible Film Berbentuk Patch dengan Tambahan Ekstrak Daun Kersen

Selain itu Pemerintah juga  harus dapat terus memperbaiki dan menyempurnakan sistem digital yang dibuat, sehingga pelayanan publik di Rejang Lebong semakin optimal dan berjalan sesuai dengan harapan serta kepuasan masyarakat Rejang Lebong.

Simak berita terbaru kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Krajan.id WhatsApp Channel: https://whatsapp.com/channel/0029VaAD5sdDOQIbeQkBct03 Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *